DNA AND EVOLUTION


DNA (deoxyribonucleic acid/asam deoksiribonukleat) adalah adalah biomolekul penting untuk hampir semua makhluk hidup. Dimana hampir semua sel dalam tubuh makhluk hidup mengandung dna yang sama. Sebagian besar data DNA tersimpan di nukleus sel, dan sisanya pada mitokondria (disebut mitokondria DNA)

DNA menyimpan cetak biru bagi aktivitas sel, yang mana kodenya terbentuk oleh 4 basis kimia: Adenina (A), Guanina (G), Sitosina (C) dan Timina (T). Tidak semua organisme memiliki DNA, dimana sebagian virus, termasuk HIV adalah retrovirus, mereka tidak memiliki DNA melainkan RNA. Ini menunjukkan bahwa RNA adalah versi lebih sederhana dari DNA dan kemungkinan merupakan pendahulu DNA.

Manusia memiliki 3 juta basis DNA, dimana kemiripan DNA antar manusia berkisar 99 persen.

Kompleksitas DNA sama sekali tak bertentangan dengan teori evolusi. Sebaliknya, DNA adalah salah satu kunci untuk menjelaskan bagaimana evolusi terjadi. Dimana evolusi terjadi karena mutasi pada DNA.

Berbagai makhluk hidup yang ada memiliki master gen yang sama. Ilmuwan telah melakukan penelitian, dimana mereka mengambil gen mata tikus dan menetapkannya pada lalat, yang tumbuh adalah mata lalat, bukan mata tikus = meski tikus dan lalat memiliki prinsip kerja berbeda

Bagaimana DNA awal terbentuk bukanlah bahasan teori evolusi, melainkan teori abiogenesis. Dimana hipotesa ilmiah populer adalah RNA world, dimana dikatakan DNA sendiri berkembang dari RNA.

Makhluk hidup dengan genome terpanjang di dunia saat ini adalah Polychaos dubium, dengan 670 milyar pasang basis DNA, lebih dari 200 kali manusia, dan tak diragukan, sebagian besar darinya adalah ‘junk dna’. Jika makhluk hidup diciptakan secara langsung secara sempurna, untuk DNA sepanjang itu bagi makhluk hidup sederhana?

SOURCE :

http://discovermagazine.com/2009/mar/19-dna-agrees-with-all-the-other-science-darwin-was-right
http://www.evolutionofdna.com/
http://www.genomenewsnetwork.org/articles/02_01/Sizing_genomes.shtml
http://www.news-medical.net/health/DNA-Fraction-of-Junk-DNA.aspx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s