HOAX JINTAN HITAM


Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:

Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya pada jintan hitam itu terdapat obat untuk segala macam penyakit kecuali kematian

 

menarik sekali ada banyak tanaman yang di katakan oleh Muhamad yang adalah “obat dari segala penyakit kecuali al-sam atau kematian”

saya akan bahas 2 tumbuhan di sini

 

1. Jinten hitam (nigella sativa)

di bawah ini adalah hasil penelitian dari pelbagai ilmuwan baik muslim maupun kapir :

kandungan nigella sativa :

Protein , Thiamin, Riboflavin , Pyridoxine, Niacin, Calcium, Iron , Copper , Zinc , Phosphorus, Folacin, minyak aromatik : Carvone , Alfa-Pinene, Sabinene , Beta-Pinene , P-cymene, asam lemak esensial : asam Myristic, Asam Palmitic, Asam Palmitoleic, Asam Stearic, Asam Oleic, Asam Linoleic, Asam Linolenic, Asam Arachidic

 

PENELITIAN DAN STUDI FARMASI MODERN.

 

1. Biji Nigella sativa menunjukkan aksi galactogogue pada tikus percobaan, artinya bahwa terdapat peningkatan volum kotoran tikus yang diberi makan biji-bijian tersebut. Uji histology menunjukkan lebih banyak proliferasi dari aktivitas acnidan secretari pada jaringan payudara pada induk tikus yang memakan biji N. Sativa (Agarwala et al, 1987).

 

2. Peningkatan volume susu yang diobservasi pada kambing setelah mengkonsumsi Nigela Sativa sebanyak 100 mg/kb berat selama 10 hari (Vihan and Panwar, 1987).

 

3. Persiapan pengobatan herbal dengan salah satu unsurnya Ni. Sativa menunjukkan efek hypoglycemic yang jelas pada percobaan hewan Eskander et. al (1995) Pada studi lebih lanjut campuran serbuk biji-bijian yang mengandung N. Sativa yang dipakai untuk teh herbal menunjukkan efek nyata hypoglycemic pada alloxan termasuk tikus yang menderita diabet. (E1.Sabrawy et. at: 1996).

 

4. Aplikasi pada lotion yang mengandung N. Sativa menunjukkan kemampuan penyembuhan luka setelah diuji coba pada luka di kambing, domba, dan anak sapi. (Ahmed et. al. 1995).

 

5. Kandungan aktif biji N. Sativa mengandung asam lemak yang setelah dikaji dapat berfungsi sebagai anti tumor melawan sel-sel Ehrlich ascities carcinoma (ECA), Dalton lymphomia ascities (DLA and Sarcoma 180 (5 180). Cytotoxicity 50% telah diteliti pada dosis pemakaian 1.5 mg, 3 mg and 1.5 mg, dengan hasil sedikit aktivitas melawan lymphocytes (Salomi et. al. 1992).

 

6. Ekstrak Etanol dari Black Seed dalam dosis 200 mg/kg dapat sedikit menghambat copper acetate yang diindusi pada ovulasi kelinci (Vohora et. al. 1973) . Air, Etanol (90%) dan ekstrak lainnya yang dikonsumsi oral tidak menunjukkan adanya penghambat pertumbuhan dan aktivitas resorptive pada tikus albino (Prakash dan mathur, 1976) namun terdapat aktivitas estrogenic pada tikus yang belum dewasa (Maurya et. al. 1983).

 

7. Ekstrak Alkohol pada N. Sativa dapat menghambat pertumbuhan E. coli, S. Aureus sedangkan ekstrak air menjadi tidak aktif (Kurup, 1956) . Ekstrak petroleum yang ditemukan aktif untuk melawan M. pyogenes, B, subtilis, D. pneumoniae dan S. pyrogens (bhatnagar, et. al. 1961).

 

8. Ekstrak etanol (50%) dari N. sativa menunjukkan aktivitas antiprotozal melawan E.histolytica turunan STA (Dhar et. al. 1968) . Minyak volatie dari Nigella Sativa memiliki efek anti spasmodic yang memungkinkan aktivitas calcium autagonistic (aquel 1993).

 

9. Ekstrak etanol (50%) N. Sativa menunjukkan hasil pada anjing / kucing, aktivitas lemah, spasmolytic yang terisolasi pada babi ileum guinea dan ekstrak efek depresi CNS pada tikus. Ini juga menunjukkan suatu antagonis terhadap hiperaktif amphetamin pada aktivitas anti kanker melawan Lewis lung carcinoma (Dhar et. al. 1968) . Minyak volatile dari Nigella Sativa memiliki efek anti spasmodic yang memungkinkan aktivitas calcium autagonistic (aquel 1993).

 

10. Ekstrak biji-bijian dari N. sativa menunjukkan kemampuannya dalam mencegah gangguan pada gigi (Namba et. al. 1985) sementara minyaknya dapat dipakai untuk obat anti serangga(Deshpande et. el. 1974), brorichodilator (mahfouz et. al. 1962; El Dakhakhny, 1965; Mahafouz et. al. 1996) , immunopotentiating (El kadi and Kandil, 1987) dan aktivitas hypotensive.

 

 

KONKLUSI SAYA :

 

sebagai ahli kesehatan saya mengakui, nigela sativa bermanfaat untuk :

1. meningkatkan kekebalan tubuh

2. mengandung nutrisi bermanfaat u/ tubuh

3. anti biotik alamiah

4. mencegah kanker/tumor, dan (mungkin) dapat melawan kanker/tumor.

 

TAPI

untuk mengobati berbagai penyakit seperti AIDS, diabetes, hipertensi, HANTA VIRUS dll, itu TIDAK MUNGKIN.. so perkataan Muhamad di sini mirip dengan perusahan obat /suplemen di indonesia = OVER CLAIMED

 

 

2. siwak (salvadora persica L)

”Bersugi itu menjadi penawar dan obat segala penyakit kecuali mati” (riwayat Al-Dailami daripada Aisyah)

 

kandungan dari akar siwak :

Trietanolamine (TEA), Salvadorine, CHloride, Floride, Silica, Sulphure, Vitamin C

 

KONKLUSI SAYA :

akar siwak sangat bagus untuk gigi, mulut, sariawan, bau mulut. penelitian juga menunjukan gigi yang bebas dari lubang dapat mengurangi risiko jantung koroner.

TAPI

saya yakin untuk mengobati panu aja ga akan bisa, apalagi aids, hepatitis, dll hehehe

 

so,

pernyataan muhamad ttg “obat segala penyakit kecuali kematian” hanyalah isapan jempol belaka, overclaimed

 

saya berfikir,

kalau dalam hal sederhana ini saja Muhamad cenderung membual, apalagi di dalam hal hal esensi, seperti keselamatan akhirat dll,

 

ada sanggahan dari pihak muslim??

 

 

jika jawaban muslim = itu cuma bahasa indah dari Muhamad, maka saya anggap itu omong kosong, sifat sok tau (padahal botol). dan masalah saya anggap selesai, saya ga akan ungkit ini lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s