HUMAN GENOME AND CHIMPANZEE


Dalam biologi, simpanse (dan bonobo) yang masuk genus pan adalah kerabat terdekat kita yang masih hidup hingga kini. Uji molekuler menunjukkan dna kita paling mirip dengan mereka ketimbang makhluk hidup lain. Lalu berapa nilai kemiripan tersebut?

Ini bergantung pada metode yang digunakan dan apa yang diperbandingkan. Jika kita membandingkan keseluruhan dna, kita akan temukan nilai 95-96 persen kemiripan. Dan jika kita batasi hanya pada dna yang menyandi protein, maka perbedaan akan menyusut hingga tinggal 1-2 persen. Ini karena sebagian besar perbedaan antara dna manusia dan simpanse terletak pada bagian yang tak menyandi protein, atau sring kali disebut ‘junk dna’. Metode yang digunakan untuk menghasilkan nilai perbedaan 1,4-1,5 persen adalah metode yang disebut single base substitutions.

Harun Yahya mengklaim bahwa perbedaan nilai kemiripan dna adalah propaganda menyesatkan, dan ia mengambil referensi dari New Scientist, sebagaimana diungkap Roy Britten dari California Institute of Technology. Namun ada satu hal yang tak ia ungkap: metode single base substitutions yang menghasilkan nilai tersebut justru dikembangkan oleh Roy Britten (bersama koleganya Dave Kohne) sendiri!

Apakah bisa disebut propaganda menyesatkan, jika pihak yang mengembangkan metode dan pihak yang mengoreksinya adalah sosok yang sama?

http://www.newscientist.com/article/dn2833-humanchimp-dna-difference-trebled.html
http://www.sciencedaily.com/releases/2006/10/061013104633.htm

Jika metode yang digunakan sama, maka hasil analisa dna akan menunjukkan nilai kemiripan dna simpanse dengan manusia akan lebih tinggi ketimbang cacing, ayam, tikus atau babi. Dan hingga kini ilmuwan terus mempelajari bagian mana dari dna kita yang menyebabkan perbedaan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s