TRIBALISME


Tribalisme (kesukuan) Menurut Konsepsi Van den Berghe

Istilah suku bangsa (tribe) digunakan pertama kali oleh para sarjana Victorian dalam upaya membangun ilmu yang disebut masyarakat-masyarakat “primitive”. Para antropolog berupaya mengidentifikasi ciri utama dari sejumlah masyarakat asli di kawasan seperti Afrika, Amerika, dan Melanesia. Isitilah tribe (suku bangsa, terkadang disebut klan) dipakai pada kelompok-kelompok sosial yang besar, namun ternyata kemudian diketahui adanya keragaman dan/atau  perbedaan yang besar. Beberapa upaya dicurahkan untuk memutuskan kelompok mana yang seharusnya disebut sebagai tribe dan apa saja ciri-ciri yang membentuknya. Istilah ini kemudian menjadi kata sehari-hari yang bertahan dalam antropologi selama sekitar satu dasa warsa  (antara tahun 1960 dan 1970). Telah terjadi salah kaprah ketika ternyata diketahui bahwa masyarakat-masyarakat yang digambarkan sebagai tribe itu tidak memiliki banyak persamaan. Terlebih lagi, para intelektual di negara-negara  yang menagalami dekolonisasi memperdebatkan bahwa para sarjana Barat, terutama para antropolognya, telah mencampuradukan penemuan kolonial atas tribe dengan tujuan memecah-belah rakyat dan menghalangi nation-building.

Bukti-bukti bahwa kekerabatan memainkan peranan dalam membentuk kelompok-kelompok sosial semacam itu membuat beberapa ilmuwan berkesimpulan bahwa tribe adalah kelompok-kelompok ascriptif yang didasarkan pada kekerabatan. Ini sama sekali tidak benar, tetapi ini membuat orang Barat yakin bahwa dunia yang primitive dan dunia yang beradab sama sekali berbeda, dan dunia beradab telah berubah menjadi bentuk keberadaan sosial yang lebih unggul.

Struktur sosial internal Tribe (suku bangsa) dapat sangat bervariasi dari kasus ke kasus, tetapi, karena ukuran kecil suku, itu selalu merupakan struktur yang relatif sederhana, dengan sedikit (jika ada) perbedaan yang signifikan sosial antara individu. Beberapa suku sangat egaliter , dan suku-suku paling hanya memiliki gagasan yang kabur tentang hak milikpribadi : banyak yang tidak sama sekali. Tribalisme juga kadang-kadang disebut ” komunisme primitif “. Satu hal yang pasti adalah tribalisme yang adalah sistem sosial pertama yang sangat bahwa manusia pernah hidup, dan itu telah berlangsung lebih lama daripada jenis lain dalam masyarakat sampai saat ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s