NIKOLA TESLA


Mungkin ada yang pernah mendengar nama beliau, atau mungkin ada juga yang belom pernah. Yang pasti, kejeniusan Nikola Tesla jauh melebihi jamannya waktu itu, dunia belum siap dengan seluruh inovasi-inovasi yang ditemukan oleh Tesla pada waktu itu, menciptakan sebuah pergeseran paradigma—Inovasi brilian yang jauh melebihi jamannya.

Banyak orang yang percaya bahwa Tesla lahir seabat terlalu cepat. Tesla mengerti akan ini, beliau menulis, “Seseorang yang mengerti sains, tidak akan pernah mengarah kepada hasil yang segera. Dia tidak akan pernah mengharapkan bahwa idenya yang inovatif bisa segera diimplementasikan. Karya dia lebih seperti sebuah bibit untuk masa depannya. Tugasnya adalah untuk membangun fondasi bagi mereka yang akan berjuang di masa depan, dan menunjuk arah kemana mereka harus berjalan.”

Nikola Tesla lahir pada tanggal 10 Juli, pada tahun 1856 diantara keluarga serbia, di desa Smilijan, yang terletak pada perbatasan Austro-Hungarian, provinsi Lika, yang sekarang terletak di Kroasia. Alkisah, Tesla lahir tepat pada tengah malam ditengah badai petir. Ayahmya. Milutin Tesla, adalah pendeta dari gereja orthodoks serbia. Sedangkan ibunya, Duka Mandic, adalah wanita brilian dengan ingatan yang hebat, namun buta huruf. Tapi beliau mampu menceritakan ulang ribuan puisi dan epik yang berasal dari serbia, serta ayat-ayat panjang dari Alkitab tanpa kesalahan sedikitpun. Beliau menemukan banyak sekali alat perabotan rumah tangga modern dan sangat menyukai kegiatan menyulam.

Beliau menurunkan kreativitasnya keseluruh 5 anaknya. Anak tertuanya, Dane Tesla, lahir 7 tahun lebih dulu sebelum Nikola. Dia merupakan anak emas didalam keluarganya, namun sayang, dia terbunuh didalam kecelakaan berkuda ketika Tesla masih berusia 5 tahun. Tesla memiliki 3 adik perempuan, yang dia sayangi dan terus berhubungan dengan mereka seumur hidupnya.

Pada tahun 1862, keluarga Tesla pindah ke Gospic. Ketika di Gospic, Tesla berkata kepada ayahnya, bahwa dia akan pergi ke amerika untuk memanfaatkan Air Terjun Niagara dan memproduksi listrik dari situ. 30 tahun kemudian, beliau benar-benar melakukannya.

Pada umur 15 tahun, Tesla melanjutkan studinya di sekolah Higher Real Gymnasium di Karlovac, Kroasia. Dia menderita malaria dan terus sakit-sakitan. Namun biarpun begitu, beliau menyelesaikan studi yang seharusnya menghabiskan waktu 4 tahun dalam 3 tahun. Dia juga terserang oleh penyakin kolera. Ketika sedang sakit, beliau membaca salah satu buku humor oleh Mark Twain dan kemudian merasa langsung sehat. Beberapa tahun kemudian, ketika ia menjadi teman dekat Mark Twain, beliau memberi tahu Mark Twain tentang “keajaiban” ini dan membuat Twain menangis karenanya.

Di tahun 1881, Tesla pindah ke Budapest, Hungaria, untuk bekerja kepada Perusahaan telepon Amerika. Dengan cepat, beliau menjadi kepala teknisi untuk sistem telepon mereka. Dia menemukan sebuah alat amplifikasi suara, yang disebutnya “Telephone Repeater” ketika bekerja disana. Namun alat ini tak pernah dipatenkan olehnya.

Ditahun yang sama, Tesla didiagnosis sebuah kelainan yang disebut sebagai “Obsessive-Compulsive Disorder”, yang memiliki gejala yang sama dengan autis. Seperti contohnya:

– Tesla membenci perhiasan, rambut manusia, dan objek berbentuk bundar.
– Dia mempunyai fobia terhadap kuman, dan selalu menghindar ketika diajak bersalaman tangan.
– Dia dijuluki sebagai pembenci matahari, karena beliau lebih suka bekerja pada malam hari, dan seluruh gordennya biasa ditutup pada siang hari.
– Dia selalu melakukan segala sesuatu sebanyak 3 kali, seperti misalnya, dia mengelilingi sebuah bangunan sebanyak 3 kali sebelum masuk kedalamnya, lebih memilih angka dengan kelipatan 3 dan sebagainya.

Pada tahun 1882, Tesla pindah ke paris untuk bekerja kepada Perusahaan milik Edison. Sebelum pindah, dia telah mengerjakan rancangan sistem AC atau Alternating Current. Dia masih berumur 25 tahun pada saat itu. Dan pada umur 27, dia mengerjakan model untuk mesin sistem polifase yang berguna untuk mendistribusikan aliran ACnya hanya dengan ingatannya sendiri tanpa bantuan gambar. Eksekutif dari perusahaan Edison menolak rancangan ini. Tak lama kemudian, Tesla keluar.

Adalah mustahil untuk menyebutkan seluruh kontribusi Tesla dalam bidang kelistrikan dan magnetisme, atau mendeskripsikan prinsip dari seluruh alat yang ia temukan. Mungkin beberapa bisa saya sebutkan: Motor Induksi, Transformer rotari dan alternator berfrequensi tinggi, Gulungan Tesla/Tesla Coil, osilator Tesla, dan banyak lagi alat yang dia temukan yang memanfaatkan putaran medan magnet, kemudian ada lagi pompa tesla, sirkuit multiplikasi voltase, alat pnangkal petir, dan untuk proteksi listrik, sistem untuk komunikasi wireless, osilator frekuensi radio, lalu jangan lupa juga ada Insulasi Tesla, Pesawat terbang vertikal take-off dan landing, sistem polifase, konsep mobil listrik, dan alat-alat untuk memanfaatkan pelepasan voltase tinggi dan gas terionisasi.

Tesla terus membuat inovasi tanpa adanya sokongan finansial dari siapapun sampai hari tuanya. Biarpun begitu, Tesla tetap optimis. Beliau tanpa berhenti berharap bahwa mungkin suatu saat kondisi keuangannya akan berubah.

Tesla secara terus menerus diusir dari hotel tempat dia tinggal karena beliau tak mempunyai uang untuk membayar biaya sewa. Beliau memiliki 700 hak paten untuk seluruh penemuannya, namun ironisnya, beliau hidup didalam sebuah hotel kecil dengan 2 ruangan di lantai 33 didalam New Yorker Hotel. Pada tanggal 7 januari, 1943, Tesla meninggal di kamar hotelnya pada umur 86 tahun. Dia meninggal tanpa meninggalkan sepeserpun uang dan berada didalam hutang.

Setelah Tesla meninggal, ruangannya digeledah oleh FBI dan mereka memerintahkan untuk menyita seluruh penemuan Tesla dan papernya, tanpa mempedulikan fakta bahwa Tesla adalah warga negara amerika. Karena sifat penemuan Tesla yang sangat inovatif dan jauh lebih maju daripada jamannya, seluruh penemuan dan papernya ditandai “Most Secret” oleh J. Edgar Hoover.

Biarpun jenius, dia adalah seseorang yang sangat tertutup, hidup sendirian di masa tuanya, dia pemalu, tutur katanya halus, tapi di saat yang sama, beliau terkenal dengan demonstrasi dari penemuannya yang selalu memukau penontonnya disaat itu. Seperti misalnya menembakan listrik dari Tesla Coilnya kearah seluruh ruangan.

Tesla tidak pernah menikah, membujang untuk seumur hidupnya. Dia tidak pernah terlihat makan malam dengan wanita, atau bahkan melihat seorang wanita dengan tatapan penuh cinta. Namun disaat yang sama, Tesla mengidolakan wanita, terutama ibunya. Dia selalu berbicara dan mendukung tentang perjuangan wanita untuk kesetaraan. Dia percaya bahwa ketika wanita diberi pendidikan yang setara, kemampuan intelektual mereka akan semakin terlihat dan dengan itu, mereka akan menjadi fondasi untuk masa depan.

Tesla tidak pernah menyukai peperangan, tapi dia mengklaim bahwa dia mempunyai penemuan senjata berupa senjata energi terarah atau “Teleforce Beam” yang dinamakan oleh pres sebagai “Death Ray” atau Sinar Pembunuh. Senjata ini dikatakan mampu menembakan bola listrik berkekuatan 60 juta volt, yang mampu melelehkan besi. Untungnya, senjata ini tak pernah dibuat, karena skema senjatanya hanya ada didalam kepala Tesla. Oleh Tesla, senjata ini disebut sebagai senjata super yang mampu mengakhiri semua perang.

Tesla sangat menyukai binatang, terutama burung merpati. Ada sebuah merpati putih, dengan titik abu-abu terang di kedua belah sayapnya, yang sangat disayangi olehnya. Suatu hari, burung merpati ini sakit dan tidak peduli sebera[a keras Tesla berusaha untuk menyembuhkannya, burung ini akhirnya mati ditangannya. Sebelum mati, Tesla memberi tahu temannya, John O’Neill, “Ada sinar putih terang yang terpancar dari matanya, sinar yang sangat kuat, lebih kuat daripada apapun yang pernah kubuat dari lampu yang paling kuat didalam laboratoriumku.”

Mungkin ini terdengar seperti cerita fantasi, namun ini memiliki simbolisme yang sangat kuat – simbol merpati. Menurut Homer, adalah sebuah merpati yang membawakan Zeus Ambrosia, atau makanan para dewa di yunani yang membuat dia abadi. Mungkin merpati putih Tesla memiliki tujuan yang sama seperti burung merpati yang membawakan Zeus makanan, Dewa yang mampu memunculkan petir dan guntur.

Mari kita mengheningkan cipta sejenak untuk mengenang kelahiran dan kepergian seorang ilmuwan jenius yang membawa manusia ke abad baru lewat seluruh penemuannya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s