KREASIONIS VS BIOEVOLUSIONIS


 Struktur Homolog Mahluk Hidup (Punya Pendapat Lain?)

skepticalinquirer,wordpress.com

skepticalinquirer,wordpress.com

Gambar 1. Rancanan Struktur (Evolution Planet)

Kalau ada yang menanyakan mengapa kakak beradik kandung memiliki kemiripan, tentunya dengan mudah kita menjawab, karena mereka memiliki orangtua yang sama. Karakteristik biologis kakak beradik itu diwariskan dan merupakan hasil dari campuran karakteristik biologis orangtuanya. Lalu, apa hubungannya dengan struktur homolog?

Secara sederhana Struktur Homolog adalah struktur yang mirip dengan fungsi yang relatif berbeda. Anatomi Perbandingan adalah cabang Ilmu Biologi yang mempelajari seluk beluk perbandingan struktur anatomi mahluk hidup. Pertanyaan yang sangat jelas dalam hal ini adalah mengapa struktur tersebut begitu miripnya?

skepticalinquirer,wordpress.com

skepticalinquirer.wordpress.com

Gambar 2. Struktur Homolog Rangka Primata (Wikipedia)

Biologi evolusi memberikan penjelasan bahwa kemiripan karakter biologis tersebut karena berasal dan mereka peroleh dari leluhur yang sama, sama halnya seperti kakak beradik di atas. Kalau dijawab karena mereka memiliki basis sistem biologis (genetis) yang sama, justru makin memperkuat argumen utama biologi evolusi, karena mereka berasal dari leluhur yang sama. [Kesamaan sistem biologis tersebut juga adalah homolog].

skepticalinquirer.wordpress.com

skepticalinquirer.wordpress.com

Gambar 3. Struktur Homolog Lengan (Bio Miami)

Baiklah kita ambil pendapat yang lain, pendapat kalangan kreasionis, [Istilah kreasionis sebenarnya istilah yang sangat rancu, ini juga adalah salah satu penyebab kesalahpahaman dan polemik, seakan-akan konsep biologi evolusi bukanlah hasil dari ciptaan, apa sih di alam semesta ini yang bukan hasil dari ciptaan? ^_^]. Masing-masing mahluk hidup diciptakan terpisah-pisah, misalnya sepasang ayam, sepasang kucing, dan sepasang manusia, mereka diberikan sistem biologis yang sama [“master plan” yang sama] untuk hidup dan berkembangbiak di bumi ini.

Pertanyaan yang muncul dari pendapat ini adalah, kalau memang diciptakan terpisah, mengapa mereka harus memiliki sistem biologis yang sama? bukankah itu mereduksi kekreatifan “Sang Desainer”? kalau benar-benar maha kreatif bisa saja sang desainer itu membuat sistem kehidupan yang benar-benar berbeda satu sama lain, misalnya sistem yang menghidupkan “mahluk” Transformer atau “Alien.” ^_^

Kalau dijawab dengan, karena sistem biologis itu, adalah yang cocok untuk lingkungan di bumi. Pertanyaan yang sama akan diberikan seperti pertanyaan di atas [mengurangi kreativitas].  Satu hal yang menarik dikaji adalah kalangan kreasionis terkesan mengatakan bahwa mahluk hidup diciptakan begitu saja, tanpa adanya proses, yahh bisa dikatakan seperti disulap. “Jadi” maka jadilah semua. Hingga saat ini tidak ada penjelasan yang menerangkan proses terjadinya keanekaragaman mahluk hidup, yang bisa mengimbangi, atau kalau perlu kita katakan meruntuhkan konsep biologi evolusi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s