PENGELOMPOKAN PLANET


Planet dibagi menjadi dua golongan berdasarkan sifat fisisnya :

  1. Pertama adalah kelompok Planet Terestrial = yaitu planet yang memiliki sifat “kebumian” baik ukuran, massa, massa jenis, maupun komposisi kimianya (mereka semua memiliki permukaan padat). Contohnya adalah; Merkurius, Venus, Bumi dan Mars
  1. yang kedua adalah kelompok Planet Jovian; yaitu planet yang tidak memiliki sifat “kebumian”, planet-planet ini tersusun atas kumpulan gas. Mereka adalah planet gas besar tanpa permukaan padat yang bisa di pijak. Planet-planet ini memiliki tekanan yang besar sehingga bisa menghancurkan segala sesuatu yang masuk ke dalam atmosfernya. Planet Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus merupakan planet Jovian.

PLANET GAS/JOVIAN

Raksasa gas adalah planet besar yang tidak terdiri dari bebatuan atau benda padat lainnya. Raksasa gas mungkin memilik inti batu atau besi; dalam kenyataan, diharapkan gas raksasa mungkin memiliki inti tersebut supaya dapat terbentuk; tetapi mayoritas inti masanya dalam bentuk gas (atau gas yang terkompresi dalam bentuk cair). Tidak seperti planet batuan, raksasa gas tidak memiliki permukaan yang didefinisikan dengan jelas. Istilah seperti diameter, area permukaan, isi, suhu permukaan dan kepadatan permukaan mungkin menuju ke lapisan terluar yang tampak dari luar, misal dari Bumi.

Ada empat raksasa gas dalam tata surya kita: Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Mereka juga dikenal sebagai planet Jovian. Uranus dan Neptunus sering dikatakan oleh ilmuwan di zaman dahulu sebagai sub-kelas terpisah dari planet raksasa, raksasa es atau planet Uranian dikarenakan struktur mereka yang terbentuk dari es dan batu dan gas, yang berbeda dari raksasa gas “tradisional” seperti Jupiter dan Saturnus. Ini dikarenakan proporsi dalam hidrogen dan helium lebih rendah dari planet terakhir yang disebut, mungkin karena jarak mereka yang sangat jauh dari Matahari.

Planet adalah suatu benda gelap yang mengorbit sebuah bintang (Matahari). Pengelompokan planet:

  1. Berdasarkan dijadikannya Bumi sebagai pembatas : Planet Inferor, yaitu planet yang orbitnya di dalam orbit Bumi mengitari Matahari. Planet yang termasuk planet inferior adalah Merkurius dan Venus.
  1. Planet Superior, yaitu planet yang orbitnya berada di luar orbit Bumi mengitari Matahari. Planet yang termasuk planet superior adalah Mars, Yupiter, Saturnus ,Uranus, Neptunus, dan Pluto’

Berdasarkan dijadikannya lintasan asteroid sebagai pembatas :

  1. Planet Dalam,yaitu planet yang orbinya di sebelah dalam lintasan asteroid yang tergolong planet dalam adalah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.
  2. Planet Luar yaitu planet yang orbitnya di sebelah luar lintasan asteroid. Anggota planet luar adalah Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.

Berdasarkan ukuran dan komposisi bahan penyusunnya :

  1. Planet Terestrial/Kebumian,yaitu planet yang ukuran dan komposisi penyusunnya (batuan) mirip dengan Bumi.Yang termask planet terrestrial adalah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.
  1. Planet Jovian/Raksasa,yaitu planet yang sangat besar dan komposisi penyusunnya mirip Yupiter(terdiri dari sebagian besar es dan gas hydrogen).Yang tergolong dalam planet Jovian adalah Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Bumi sebagai pembatas :

  1. Planet Inferior, yaitu planet yang memiliki lintasan antara Bumi dan Matahari, yaitu Merkurius dan Venus.
  1. Planet Superior yaitu, planet yang lintasannya diluar Bumi terdiri atas Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Hukum Gerakan Planet:

  • Hukum I Kepler : ”Orbit(lintasan dalam mengitari Matahari) planet berbentuk elips dengan Matahari berada pada salah satu titik apinya.
  • Hukum II Kepler : ”Garis hubung planet-Matahari akan menyapu daerah yang sama luasnya dalam selang waktu yang sama.
  • Hukum III Kepler : ”Jarak rata-rata planet ke Matahari pangkat tiga dibagi periode sideris kuadrat merupakan bilangan konstan” atau “Pangkat dua kala revolusi planet sebanding dengan pangkat tiga jarak planet ke Matahari.

METEOROID, METEOR, DAN METEORIT

  1. Meteoroid adalah batuan dalam ruang antar planet yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar sebesar gerbong kereta api.
  2. Meteor adalah meteoroid yang masuk dalam atmosfer bumi dan menjadi panas dan berpijar karena gesekan dengan atmosfer Bumi.
  3. Meteorit adalah sisa-sisa meteoroid yang mencapai permukaan Bumi.

KOMET

Komet adalah benda angkasa yang mirip asteroid, tetapi hampir seluruhnya terbentuk dari gas (karbon dioksida, metana, air) dan debu yang membeku. Komet memiliki orbit atau lintasan yang berbentuk elips, lebih lonjong dan panjang daripada orbit planet.

Ciri fisik:

  1. Ketika komet menghampiri bagian-dalam Tata Surya, radiasi dari matahari menyebabkan lapisan es terluarnya menguap. Arus debu dan gas yang dihasilkan membentuk suatu atmosfer yang besar tetapi sangat tipis di sekeliling komet, disebut coma. Akibat tekanan radiasi matahari dan angin matahari pada coma ini, terbentuklah ekor raksasa yang menjauhi matahari.
  1. Coma dan ekor komet membalikkan cahaya matahari dan bisa dilihat dari bumi jika komet itu cukup dekat. Ekor komet berbeda-beda bentuk dan ukurannya. Semakin dekat komet tersebut dengan matahari, semakin panjanglah ekornya. Ada juga komet yang tidak berekor.
  1. Komet bergerak mengelilingi matahari berkali-kali, tetapi peredarannya memakan waktu yang lama. Komet dibedakankan menurut rentangan waktu orbitnya. Rentangan waktu pendek adalah kurang dari 200 tahun dan rentangan waktu yang panjang adalah lebih dari 200 tahun. Secara umumnya bentuk orbit komet adalah elips.

Komet terkenal :

  • Komet Halley, muncul 76 tahun sekali.
  • Komet Encke, muncul tiga tahun sekali

Komet dikelompokkan atas:

  1. Komet periodic yaitu komet yang penampakannya dapat bilihat dalam selang waktu yang teratur.Contohnya;komet Halley dengan periode 76 tahun dan komet Encke dengan periode 3,3 tahun.
  1. Komet non-periodi yaitu komet yang tidak dapat dipekirakan penampakannya karena periodenya sangat lama.

4 thoughts on “PENGELOMPOKAN PLANET

    • jadi semakin jauh dari pusat tata surya, maka benda2 material seperti debu, rock, asteroid semakin berkurang.. yang mendrive materi-materi ini ialah solar wind.. setelah matahari terbentuk..

      ini bagaimana planet terrestrial terbentuk : http://hubblesite.org/hubble_discoveries/discovering_planets_beyond/how-do-planets-form

      ini bagaimana planet jovian terbentuk : http://www.space.com/18389-how-was-jupiter-formed.html

      Approximately 4.6 billion years ago, the solar system was a cloud of dust and gas known as a solar nebula. Gravity collapsed the material in on itself as it began to spin, forming the sun in the center of the nebula.

      With the rise of the sun, the remaining material began to clump together. Small particles drew together, bound by the force of gravity, into larger particles. The solar wind swept away lighter elements, such as hydrogen and helium, from the closer regions, leaving only heavy, rocky materials to create terrestrial worlds. But at greater distances from the sun, the solar winds had less impact on lighter elements, allowing them to coalesce into gas giants such as Jupiter. In this way, asteroids, comets, planets, and moons were created.

      inti dari planet gas itu amonia, water, metana : http://theplanets.org/gas-giants/

      Suka

    • jawaban lainya yaitu kenapa jovian seperti itu, akibat di inner solar system (terrestrial) itu drajatny hingga 2000K hingga melting.. itu penjelasan kenapa core bumi kita melting iron.. dan outter planet (jupiter, saturn) karena daerah itu 50K. so banyak material yg evaporated di daerah tersebut tetapi ada sebagian zat yang tidak evaporate seperti methane, water, H, He. jumlah mereka banyak hingga membentuk giant planet.. karena komposis nebula pun terdominasi oleh H dan He

      https://lcogt.net/spacebook/planets-and-how-they-formed/

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s