ETHER – SAGNAC


– apakah bulan bergerak mengelilingi bumi karena pengaruh gravitasi bumi ?
– apakah gaya dorong eksternal benda jatuh, fisik bumi tidak ada pengaruhnya sama sekali ?

masalah seperti ada kerancuan berfikir antara gaya tarik dan gaya dorong,Dalam Geocentrism, semesta itu diibaratkan seperti bola berisi air (air = Ether). Air ini membawa objek-objek langit berputar selama 24 jam sehari.

loh, bukannya ether itu udah dibuktikan nggak ada yak Tahun 1913, Georges Sagnac mengadakan percobaan sederhana terhadap cahaya. Skemanya sebagai berikut:

Cahaya yang dipancarkan sumber, dibagi dua menggunakan cermin perak untuk kemudian masing-masing cahaya menempuh jalur yang berbeda. Setelah menempuh jalur yang berbeda, kedua cahaya tersebut kemudian disatukan kembali oleh cermin perak dan diteruskan ke detektor. Ilustrasi, sebagai berikut:

Dalam dunia Relativitas, kecepatan cahaya tidak bergantung kepada pengamat dan sumber cahaya, walaupun keduanya bergerak. Kecepatan cahaya selalu konstan. Tetapi dalam dunia Ether, kecepatan cahaya tergantung pada Ether selaku media perambatan cahaya. Jadi ketika cahaya dipancarkan dari sebuah sumber, Ether-lah yang bertanggung jawab menghantarkan cahaya tersebut ke pengamat. Ilustrasi, sebagai berikut:

Kembali ke percobaan Sagnac. Sagnac kemudian memutar meja percobaan dengan kecepatan dua putaran per detik. Ilustrasi, sebagai berikut:

Dari ilustrasi di atas, cahaya dibagi dua menjadi, misalnya, merah dan biru. Ketika meja percobaan di putar, jalur yang ditempuh biru jadi lebih pendek karena rotasi meja percobaan. Saat kedua cahaya disatukan kembali melalui cermin perak, terjadilah interferensi. Pada detektor akan muncul “fringe”. Sagnac berkali-kali melakukan percobaan, hasilnya selalu sama. Bila Ether tidak ada dan cahaya bekerja dengan prinsip Relativitas, tentunya “fringe” tidak akan muncul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s