ATOM – QUARKS – LEPTON


Pada tahun 2004 lalu, ilmuwan telah menemukan partikel terkecil yang merupakan bagian dari atom yaitu Quark dan Lepton.

Berikut penjelasannya :

1. ATOM

Atom adalah satuan yang amat kecil dalam setiap bahan yang ada di sekitar kita. Atom terdiri atas tiga jenis partikel subatom:

* elektron, yang memiliki muatan negatif;
* proton, yang memiliki muatan positif;
* netron, yang tidak bermuatan.

Setiap unsur dibedakan oleh jumlah proton yang terdapat dalam atom dari unsur tersebut. Setiap atom memiliki jumlah elektron yang sama dengan jumlah proton; bila ada perbedaan, atom tersebut disebut ion. Atom dari unsur yang sama bisa memiliki jumlah netron yang berbeda, selama jumlah proton dan elektron tidak berubah. Atom dengan jumlah netron yang berbeda disebut isotop dari unsur kimia.

2. QUARK

Cerita tentang quark bermula dari penemuan bahwa atom bukanlah obyek terkecil di alam ini. Atom tersusun atas inti atom yang kecil dan dikelilingi awan-awan elektron. Di dalam inti atom sendiri terdapat neutron dan proton.

Elektron dan muon beserta pasangan neutrinonya tergolong dalam lepton, yang atinya partikel lemah karena hanya merasakan interaksi elektro-lemah. Sedangkan proton dan neutron selain merasakan interaksi elektro-lemah juga merasakan interaksi kuat (gaya kuat). Melalui percobaan fisika ditemukan bahwa di dalam tiap neutron dan proton itu ada partikel yang lebih kecil yang disebut quark.

Berbeda dengan elektron yang bebas berkelana, quark terikat kuat di dalam hadron. Hadron sendiri sebenarnya masih dikelompokkan dalam dua sub kelas, yaitu baryon dan meson.

Dari penemuan itu, para fisikawan dunia kemudian mengembangkan suatu teori yang disebut Teori Model Standar (TMS). Menurut teori ini, jagat raya kita yang sangat luas dan kompleks tersusun dari dua jenis partikel sederhana, yaitu quark dan lepton. Ada enam macam quark, yaitu quark up (u), quark down (d), quark strange (s), quark charm (c), quark beauty (b), dan quark top (t). Nama-nama ini hanyalah label dan tidak ada hubungannya dengan arti katanya. Sementara itu, partikel lepton juga ada enam, yaitu elektron (e), muon (u), tau (v), neutrino-elektron (ve), neutrino-muon (v1), dan neutrino-tau (v2).

Tiap lepton dan quark mempunyai antipartikelnya masing-masing yang memiliki massa yang sama dengan partikel itu, tetapi memiliki muatan listrik yang berlawanan.

Sementara itu, ke-12 partikel mempunyai massa yang berbeda, sering kali mereka dikelompokkan dalam tiga generasi. Untuk membentuk jagat raya ini, ke-12 partikel ini harus saling beinteraksi. Menurut Teori Model Standar, ada empat macam gaya yang bertanggung jawab dalam interaksi partikel-partikel ini: gaya gravitasi, gaya kuat, gaya lemah, dan gaya elektromagnetik.

Gaya gravitasi bertanggung jawab pada benda-benda yang mempunyai massa. Gaya inilah yang bertanggung jawab pada peredaran planet-planet dan gerakan benda-benda luar angkasa lainnya. Gaya elektromagnetik merupakan gaya antara muatan-muatan listrik. Gaya inilah yang bertanggung jawab atas pembentukan molekul-molekul dan reaksi-reaksi kimia. Adapun gaya kuat merupakan gaya yang bekerja pada partikel-partikel di dalam inti atom atau gaya di antara quark dengan quark. Gaya ini membuat proton dengan proton terikat erat di dalam inti atom, walaupun muatan listriknya berlawanan. Sementara itu, gaya lemah adalah gaya yang bertanggung jawab pada proses peluruhan zat-zat radioaktif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s