KENAPA AIR LAUT BERWARNA BIRU ?


The Right Blue - Bloody Bay Wall, Little Cayman

Jadi mengapa laut terlihat biru? Dan mengapa kadang-kadang terlihat tidak begitu biru, atau bahkan hijau?

Laut terlihat biru untuk alasan yang sama langit terlihat biru: pembiasan dan hamburan sinar cahaya. Cahaya menyebarkan saat melewati udara atau air. Karena cahaya biru memiliki panjang gelombang pendek, itu mencerai-beraikan paling mudah. Sebaliknya, lampu merah memiliki panjang gelombang yang panjang dan mencerai-beraikan kurang mudah. Jadi, sinar biru bisa dipantulkan kembali, dan itulah apa yang kita lihat sebagai warna langit atau permukaan air.

Perhatikan Aku berkata permukaan air. Sejauh ini saya sedang berbicara tentang apa warna badan air tampaknya bila dilihat dari garis pantai, atau dari dek kapal.

Air dilihat dari bawah permukaan muncul dalam nuansa yang berbeda tergantung pada kedalaman, dan pada berapa banyak partikel ditangguhkan di dalamnya. Jika Anda turun hanya beberapa meter di air jernih pada hari yang cerah dan kemudian melihat ke arah permukaan, air akan terlihat hampir transparan dengan mungkin semburat biru. Turun beberapa meter dan mencari ke permukaan lagi, dan warna yang jelas akan tampak lebih biru. Turun di bawah, mengatakan 25 meter, dan Anda akan melihat sesuatu yang mendekati warna air dalam foto di atas.

Jika air memiliki banyak barang’ di dalamnya mengaduk pasir, atau plankton, atau potongan-potongan kecil puing beberapa cahaya akan dibelokkan. Air akan terlihat kurang transparan bahkan mungkin keruh. Demikian juga, jika langit di atas mendung, bahkan air jernih akan kadang-kadang tampak keabu-abuan dari bawah.

Sebagai aturan praktis, semakin dalam Anda menyelam, gelap air muncul, karena sinar cahaya lebih sedikit mampu menembus kedalaman. Pada malam penyelaman, tidak ada cahaya ambient di bawah permukaan, sehingga semuanya hitam bertinta. Penyelam menggunakan cahaya buatan dari senter atau lampu sorot untuk menerangi area kecil di kedalaman, atau selama menyelam malam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s