PELANGI


Cahaya matahari adalah cahaya polikromatik yang terdiri dari banyak warna. Warna putih yang biasa kita lihat saat melihat matahari adalah gabungan dari banyak cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Dari panjang gelombang yang berbeda-beda ini terbentuk pita cahaya paralel yang disebut spektrum.
 
Spektrum ini yang menyebabkan manusia bisa melihat 7 warna yang dikandung cahaya matahari. Sedangkan pelangi terbentuk dari busur spektrum warna besar. Bentuk melengkung pada pelangi terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir air.
Ketika cahaya menembus butiran air, cahaya matahari akan menembus seperti melewati butiran kaca lalu muncul spektrum warna pelangi. Maka, tidak heran pelangi sering muncul saat matahari bersinar setelah hujan reda.
Bagaimana Orang Bisa Melihat Pelangi

Untuk dapat melihat pelangi, seseorang harus berada di antara arah datangnya cahaya matahari dan tetesan air. Sehingga, posisi matahari, mata pengamat, dan pusat busur pelangi harus berada pada satu garis lurus.

Kenapa Bentuk Pelangi Melengkung ?

 
Ponakan saya yang masih SD tanya, kenapa pelangi melengkung, setengah lingkaran, atau dia pernah lihat katanya pelangi berbentuk lingkaran penuh di sekitar matahari. Tapi mengapa, tanyanya, pelangi tidak pernah kotak, segitiga, bentuk hati, atau bergelombang, garis lurus, atau bentuk lainnya, selain lingkaran, atau garis melengkung.
 
Saya kira, garis melengkung pelangi itu semestinya bagian dari lingkaran. Tapi kenapa begitu?
 
Sebetulnya, bentuk pelangi adalah lingkaran penuh. Kalau terlihat setengah lingkaran, atau bagian dari lingkaran, itu terjadi karena pelangi terpotong oleh horison bumi, atau objek lain yang menghalangi cahaya, semisal bukit, gunung dsb.
 
Kenapa lingkaran atau bagian lingkaran? Karena pelangi terjadi akibat pembiasan/refraksi cahaya pada sudut 40-42 derajat. Karena sudut pembiasan tetap, maka letak terjadinya warna pelangi selalu tetap dari pusat cahaya, sehingga jari-jarinya juga tetap, kalau jari-jari tetap alias konstan dari satu pusat/titik, kita akan mendapatkan lingkaran. Kalau lingkarannya kita potong, kita selalu dapat bagian lingkaran yang melengkung.
 
Karena yang kita dapatkan selalu bagian dari lingkaran yang melengkung, hampir tidak mungkin kita mendapatkan pelangi dalam bentuk garis lurus, apalagi persegi empat. Pelangi berbentuk persegi empat yang tidak terlalu lurus tapi agak melengkung sisi-sisinya bisa saja dibuat dengan menggunakan empat sumber cahaya dan berbagai trik, tetapi secara alami tidak mungkin terjadi dengan satu sumber cahaya, seperti matahari.
 
Tahukah anda, mengapa bentuk Pelangi melengkung ?? Mengapa bentuknya tidak bulat / persegi atau bentuk yang lainnya ??? Mari kita ulas sedikit tantang terbentuknya pelangi yang indah itu. Pelangi merupakan salah satu pemandangan indah yang jarang kita lihat. Jika dilihat, bentuk pelangi seperti busur di langit biru yang muncul karena pembiasan dari sinar matahari ketika hujan kira-kira di mana ya pelangi bisa terlihat? Biasanya pelangi bisa dilihat di daerah pegunungan atau ketika mendung atau ketika hujan baru berhenti turun atau juga bisa kita liat di air terjun.

Pelangi merupakan satu-satunya gelombang elektromagnetik yang dapat kita lihat. Ia terdiri dari beberapa spektrum warna.

Apakah Anda bisa menyebutkan warna apa sajakah yang bisa kita lihat pada pelangi tersebut? dan sebenarnya ada warna-warna lain yang tidak dapat kita lihat langsung dengan mata. Warna merah memiliki panjang gelombang paling besar, sedangkan violet memiliki panjang gelombang terkecil. Bagaimana pelangi terbentuk ?

Coba kita amati ketika sinar matahari mengenai cermin siku-siku atau tepi prisma gelas, atau permukaan buih sabun, kita melihat berbagai warna dalam cahaya.

Apa yang terjadi adalah cahaya putih dibiaskan menjadi berbagai panjang gelombang cahaya yang terlihat oleh mata kita sebagai merah, jingga, kuning, hijau, biru, dan ungu. Panjang gelombang cahaya ini membentuk pita garis-garis paralel, tiap warna bernuansa dengan warna di sebelahnya. Pita ini disebut “spektrum”.

Di dalam spektrum, garis merah selalu berada pada salah satu ujung dan biru serta ungu disisi lain, dan ini ditentukan oleh perbedaan panjang gelombang. Ketika kita melihat pelangi, sama saja dengan ketika kita melihat spektrum. Bahkan, pelangi adalah spektrum melengkung besar yang disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari.

Nah, setelah kita membahas tentang apa itu pelangi dan bagaimana terbentuknya, sekarang mari kita ulas tentang mengapa pelangi berbentuk melengkung!!

Ternyata untuk melihat pelangi yang indah terdapat berbagai syarat. Syarat pertama ialah kita harus membelakangi sumber cahaya saat melihat pelangi. Dalam hal ini, sumber cahaya yang dimaksud ialah matahari.

Syarat kedua ini adalah penyebab mengapa pelangi melengkung yaitu kita harus melihat pelangi dari sudut sekitar 40 derajat selain dari sudut ini pelangi tidak akan terlihat dengan baik. Oleh karena itu, pelangi terlihat melengkung di langit luas. Jadi dengan kata lain bentuk pelangi yang melengkung itu bukan semata-mata karena memang dia tercipta melengkung. Namun, karena sudut padang kita dan kemampuan bola mata kita lah yang membuatnya terlihat berbentuk melengkung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s