TANYA KENAPA AWAN BERWARNA HITAM DAN PUTIH ?


Saatnya membagi ilmu pengetahuan umum. Gak semua orang mengerti mengapa awan bisa menjadi putih dan hitam

Mengapa awan berwarna putih, kecuali menjelang hujan badai, dan mengapa pula awan hujan berwarna hitam?

Masalah warna awan terkait dengan besar butir-butir air di dalamnya. Awan merupakan kumpulan butir-butir air yang sangat kecil. Butir-butir air begitu kecil sehingga akan mengalami benturan terus-menerus oleh molekul-molekul udara mereka tetap bergantung di udara dan tidak terpengaruh oleh gravitasi sampai saat..hujan. Butir-butir itu terus menguap dan mengembun. itu sebabnya awan senantiasa berubah bentuk.

Butir-butir air dalam sebuah awan putih seperti bola-bola kristal sangat kecil. Jadi, mereka memantukan dan membuyarkan cahaya ke semua arah. Seperti ait dalam bentuk-bentuk es. Mereka memantulkan dan membuyarkan semua panjang gelombang (warna) cahaya secara adil, maka cahaya matahari sampai ke mata kita tetap berwarna putih.

Partikel-partikel di atmosfer menghamburkan cahaya dari matahari, tata surya yang gelap, dan akhirnya menghasilkan warna biru pada langit. Jadi, langit berwarna biru karena faktor tersebut. Tapi tidak demikian dengan awan, ia tidak membiaskan warna biru melainkan menyebarkan semua warna cahaya sehingga akhirnya membentuk warna putih.

Untuk lebih memahami ini coba ingat pelajaran fisika tentang prisma warna. Warna putih yang diteruskan lewat prisma tersebut menghasilkan banyak warna pelangi. Begitulah kira-kira prinsip awan, ia mengumpulkan semua warna dan menghasilkan warna putih.

Demikian pula, karena awan menyerap semua cahaya, maka begitu uap air pembentuk hujan atau salju semakin banyak berkumpul, yang dihasilkan adalah warna gelap (kelabu). Ini terjadi karena begitu tebalnya lapisan air dalam awan tersebut. Berarti, semakin gelap awan yang kita lihat, semakin tebal dan tinggi air yang ada.

Sementara itu, awan hujan atau awan badai, sarat dengan air dan menunggu peluang yang tepat untuk turun. Butir-butir air di dalam awan tersebut begitu tebal sehingga menghalangi cahaya dari matahari, maka awan tersebut relatif tampak gelap dibanding langit yang cerah. Bagaimanapun, sesungguhnya awan itu tidak hitam, melainkan hanya bayangannya yang hitam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s