EVOLUSI MULUT (BAGAIMANA MULUT PERTAMA TERBENTUK) :


Proses pembentukan mulut bisa disebut juga dengan “gastrulasi”, atau disitulah awal mulai terbentuk mulut dan sistem pencernaan secara general
Disamping mulut ialah hasil evolusi. Sebelum organ mulut ada, makannanya ya udah ada lah. Tapi lama kelamaan, tubuh hewan tersebut mengalami adaptasi di bagian pencernaan, sehingga Ia lebih bisa mencerna yang kompleks. Kebutuhan tersebut dipenuhi dengan adanya organ mulut sederhana, yang beradaptasi dari kebutuhan tersebut.

“To survive”. Adaptasi dengan adanya organ mulut menyebabkan kemampuan survive organisme meningkat.
Mulut sudah ada cukup lama. Kemungkinan besar, muncul pertama kali pada makhluk laut sejenis moluska. atau terbentuk saat era kejayaan ikan pada awalnya hanya lubang sederhana seperti ubur-ubur, flatworm dll. Sebelum punya mulut, ada banyak cara melakukan makan. Misalnya lewat difsui sel membrane.

Organisme multiseluler ada yang punya mulut, ada yang gak punya mulut dan ada yang punya proto-mulut (lubang sederhana). Organisme multiseluler sederhana yang belum mempunyai mulut, mereka makan pake proses endositosis. Mulut sederhana itu dimiliki organisme multiseluler kayak flatworm, dst.

Ga semua makhluk punya mulut. Tumbuhan ga punya. Bakteri, virus, jamur juga ga punya. untuk mmperoleh nutrisi tiap-tiap organisme mengembangkan cara yg bervariasi, tidak smua memiliki mulut, tumbuhan, hewan spon, virus masing-masing mengembangkan cara yang berbeda untuk memperoleh nutrisi.

Buat makhluk yang punya, mulut memang berfungsi untuk mempermudah masuknya makanan ke dalam saluran pencernaan. Tentunya adalah hasil dari evolusi. Pertama muncul cuma lubang sederhana, kemudian muncul proto-gigi berupa jaringan tulang lunak, kemudian barulah muncul mulut lengkap.

Untuk lebih jelasnya saya pakai GEOLOGIC TIME SCALE. Yang pertama ada eon Hadean, waktu kejadian: sekitar 4,6 billion years ago (saya singkat jadi BYA). Pada eon ini, bumi masih berbentuk sekumpulan gas-gas, belum ada atmosfir, belum ada air, dan belum ada kehidupan. Kemudian eon Archaezoikum, kisaran waktu: 3,8-2,5 bya; akibat dari gas-gas yg memadat dan menumbruk satu sama lain, terbentuklah semacam batuan simple; gunung berapi mulai terbentuk sehingga aktivitas vulkanik mulai banyak; terbentuk daratan yg disebut protocontinental; atmosfir juga sudah terbentuk namun kekurangan oksigen; air mulai ada, adanya air dibumi ini karena bumi ditabrak meteor dan komet yang ekor belakang komet atau meteor (saya lupa) itu terdiri dari bongkahan es, bongkahan es ini nabrak bumi, mencair, dan menghangatkan suhu bumi, serta pemacu terbentuknya batuan sederhana dan atmosfir; mikroorganisme sederhana ditemukan pada eon ini, yaitu sekelompok bakteri yang disebut stromatolit; kenapa bisa ada bakteri? Ada beberapa kemungkinan, tp silahkan googling sendiri untuk lebih jelasnya: terbentuknya protein sederhana penyusun sel akibat bersatunya nitrogen, fosfor, dsb oleh bantuan petir; teori kosmik: karena meteor dan komet yg nabrak bumi tadi juga membawa materi dna dari angkasa; dan masih ada beberapa teori lain.

Kemudian eon proterozoikum. Kisaran waktu: 2,5 bya-542 mya. Terjadi pembentukan daratan continental; atmosfir kaya oksigen; terbentuk mikroorganisme eukaryot sebagai hasil evolusi mikroorganisme prokaryot, dan bersifat herbivora; terjadi glasiasi (glaciation) pertama atau ICE AGE karena suhu bumi yg terus mendingin akibat dari kenaikan drastis kadar oksigen di atmosfir. Stromatolit dideskribsikan oleh charles walcott awal 1990. Nah Stromatolit ini merupakan OLDEST KNOWN ORGANISM. dia ga punya mulut, tapi bisa memproduksi zat organik sebagai bahan makanannya sendiri.

Stromatolit paling tua ditemukan di batuan di afrika selatan. Kemudian eon phanerozoikum. Sekitar 542-251 mya. Terbagi menjadi era paleozoikum, era mesozoikum, dan era kenozoikum. Era paleozoikum terbagi menjadi periode cambrian, ordovician, silurian, devonian. Di era ini, terjadi: pembentukan gunung dan pegunungn yg lebih intensif; ditemukan fosil hewan dengan tubuh lunak, skeleton dan shells. Nah era ini mulailah terbentuk mulut sebagai alat BANTU memasukkan makanan ke dalam tubuh. Makhluk hidup uniseluler atau satu sel memasukkan bahan makanannya lewat membran atau selaput sel nya, yang memiliki banyak pori-pori atau lubang, sehingga fungsinya mirip dengan mulut, namun proses memasukkannya melalui proses DIFUSI yaitu perpindahan zat terlarut dari larutan hipertonik ke larutan hipotonik (googling googling). Makhluk hidup multiseluler atau banyak sel pertama yg punya MULUT SEDERHANA yaitu porifera(googling ya) berupa lubang lubang juga.

Nahhh kemudian terjadi evolusi dari organisme se simple itu menjadi (langsung contohnya saja ya, dan silahkan google image kalau mau liat kenampakannya ) koral-terumbu karang, sponge-genus Hynoceras; cacing-flatworm; Brachiopoda-Chonetes; mollusca-gastropoda-cumicumi; echinodermata-lili laut; vertebrata-ikan hardshell contoh dari genus Arthrodires yang punya tameng aneh; dan seterusnya…… dari organisme tersebut, mulut yang terbentuk mulai kompleks karena: persaingan untuk mendapatkan makanan; tipe nutrisi si organisme karnivor(pemakan daging) atau herbivor(pemakan tumbuhan, dan biji)…

Selanjutnya saya ingin menjelaskan tentang mutasi evolusi bekerja, itu ibarat suatu orang tua (organisme),terus pada generasi pertama (anaknya) mempunyai cekungan, jadinya ukuran luas membran yang bisa menyerap makanan bertambah. Lalu pada generasi kedua (cucunya) mempunyai cekungan yang lebih dalam, generasi organism tersebut terus berlanjut sampai organisme yang punya lobang sederhana. Kemudian, di sekitar lobang terebut muncul alat-alat yang membantu makanan lebih mudah masuk ke dalam lobang tadi. alat ini, makin lama makin rapi dan bagus. Muncullan gigi, rahang, dll, ini yang dinamakan Mutasi.

P.S : Cekungannya nggak seberapa. mungkin dalamnya cuman beberapa milimeter.

Source : http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22804777

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s