GILA ?


Konsep awam tentang “gila” sering mengacu pada gangguan-gangguan psikotik; lebih spesifiknya gangguan skizofrenia.

Ciri utama psikotik adalah adanya halusinasi (pengalaman sensori yang tidak nyata) dan atau delusi (pemikiran atau kepercayaan yang salah atau berbahaya).

Kedua ciri ini tidak ada hubungannya secara langsung terhadap memori. Dan psikotik atau penyakit jiwa yang lain juga tidak selalu berkaitan dengan kerusakan pada sel otak.

Psikotik juga biasanya terjadi dalam bentuk episode. Artinya, ada masa-masa dimana halusinasi dan atau delusi ini muncul, dan ada masa-masa dimana mereka berpikir dan berperilaku “normal”. Pada saat episode ini terjadi, mereka bisa saja merasa mendengar/mendapat wahyu (halusinasi), merasa dirinya nabi atau tuhan (delusi), atau bahkan tiba-tiba menusuk orang disebelahnya (halusinasi dan delusi). Tapi saat tidak pada episode psikotik, mereka bisa saja terlihat normal dan ‘nyambung’.

Beberapa penderita psikotik bahkan tampak sangat normal. Selain halusinasi dan delusinya, mereka berperilaku dan berfikir seperti orang normal. Dan tentu saja ingatan mereka tidak terganggu.

Jenis skizofrenia juga banyak. Misalnya Lia Eden, selain waham (delusi) yang dimilikinya bahwa dia nabi dan halusinasinya bahwa dia bertemu dan mendengar malaikat jibril (halusinasi), selebihnya bisa dikatakan dia cukup normal. Atau, ada juga orang yang kesehariannya normal, tidak ada tanda-tanda penyakit jiwa yang disebut ‘gila’, tapi suatu hari dia menusuk orang di sebelahnya karena dia mendengar tuhan mengatakan bahwa orang itu jahat (kasus pembunuhan Tim McLean oleh Vince Weiguang Li). Ada juga yang sering kita lihat di jalan, orang yang berbicara sendiri dan berkeliaran menggelandang kotor.

Jadi, kalau ditanya apakah orang ‘gila’ punya ingatan sebelum dia gila, mereka punya. Hanya saja mereka nggak akan bisa membedakan yang mana “sebelum gila” dan “sesudah gila”; karena mereka nggak merasa bahwa mereka gila. Dan kalau dia menjadi normal lagi, tentu saja mereka tidak tiba-tiba amnesia. Itu konyol.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s