HOAX : BULAN PERNAH TERBELAH


Logika sederhana: jika berita tersebut benar adanya, tentunya itu adalah fenomena besar dalam sejarah ilmu pengetahuan. Tentunya pula akan ada banyak kajian baik dalam kerangka sains/ilmiah maupun jurnalistik terhadap persoalan “bulan terbelah” tersebut. Terlebih pernah diliput oleh BBC, institusi pers ternama, pastilah kata kunci tersebut menampilkan sumber-sumber, baik ilmiah maupun jurnalistik, yang kaya akan peristiwa ini. Sebagai bandingan, jika anda memasukkan kata kunci “Madonna” di google, pasti anda akan menemukan aneka situs tentang Madonna yang tentu berbeda-beda, tidak serupa seperti nampak sekedar dicopy-paste.

Hal ini diperkuat dengan bukti dari situs resmi NASA sendiri (diterangkan di bawah) bahwa foto “guratan pada bulan” bukanlah akibat bulan pernah terbelah. Dan NASA sama sekali tidak pernah mengklaim ada hasil penelitian yang mengatakan bahwa bulan pernah terbelah, apalagi bahwa yang disebut “lunar rille” adalah akibat bulan pernah terbelah. Kasus ini sudah pernah diklarifikasi dalam buletin LAPAN. Dan pak T. Djamaludin, peneliti Astronomi LAPAN juga telah mengklarifikasinya di sini

Ini bukan soal gugatan terhadap iman Islam yang meyakini mujijat bahwa Nabi Muhammad pernah membelah bulan (menurut Hadith), atau makna dari Surah Al-Qamar. Namun persoalannya adalah:

Bahwa ada yang menggunakan foto guratan pada bulan dari NASA lepas dari konteks aslinya, sebagai upaya pembenaran dari mujijat tersebut. Dalam situs resminya, NASA tidak pernah mengatakan bahwa bulan pernah terbelah, atau “guratan” tersebut adalah akibat bulan pernah terbelah.

Foto yang ditampilkan dalam hoax itu konteks sebenarnya berasal dari sini:

http://www.hq.nasa.gov/office/pao/History/SP-362/ch4.2.htm

Perlu diperhatikan: link resmi NASA di atas tidak sedikitpun mengatakan bahwa guratan pada bulan adalah akibat bulan pernah terbelah.

Guratan tersebut dinamakan lunar rille, penjelasannya di sini:

http://antwrp.gsfc.nasa.gov/apod/ap021029.html

Di situs itu disebut “rille appear all over the Moon.” Jadi rille ada disekujur tubuh bulan, bukan SATU seperti seolah bulan pernah terbelah dua.

Apakah rille itu? Penjelasannya ada di sini:

http://en.wikipedia.org/wiki/Rille

By the way, Apa sih itu HOAX?

“A hoax is a deliberate attempt to dupe, deceive or trick an audience into believing, or accepting, that something is real, when in fact it is not; or that something is true, when in fact it is false. In an instance of a hoax, an object, or event, is not what it appears to be, or what it is claimed to be..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s