Apa itu Energi?


Pada istilah yang lebih luas, energi adalah segala sesuatu yang nyata dan ada. Kalo kita persempit lagi; energi adalah kuantitas ilusif yang memungkinkan suatu sistem untuk mempengaruhi sistem yang lainnya. Ada banyak jenis energi, dan lebih banyak lagi cara untuk mengkategorikan jenis-jenis energi tersebut. Panas, cahaya, dan massa adalah tiga cara yang paling penting untuk mengkategorikannya.

Termodinamik, secara literal berarti pembelajaran tentang panas, tapi hukum itu mencakup untuk semua jenis energi. Jadi termodinamik biasanya dipakai untuk menjelaskan tentang entropi, dan entropi dipakai untuk menjelaskan informasi. Dan ya, informasi adalah energi. Ketika saya mengatakan bahwa energi adalah segala sesuatu yang ada, saya tidak mengatakannya dengan enteng.
Berdasarkan pemahaman kita tentang alam semesta, energi adalah.. ya energi
Energi adalah bahan pembuat, kuantitas abstrak dan fundamental dari yang seluruh alam semesta dan segala sesuatu yang ada. Jadi ketika kita menelaah lebih dalam lagi, energi ADALAH semesta dan semesta adalah energi

Bentuk-bentuk energi

Energi dalam berbagai bentuk

 

Bagaimana semua jenis energi berinteraksi dengan yang lain, pada hakikatnya adalah konsep yang sangat penting didalam fisika. Karena ketika kamu menelaah fisika kepada esensi yang paling dasarnya, fisika adalah pembelajaran tentang alam dan interaksi yang berlangsung didalam alam mikroskopis dengan berbagai bentuk energi.

Karena ga ada definisi yang jelas tentang energi secara keseluruhan, saya akan menjelaskan tentang cara yang umum untuk menjelaskan dan mengukur energi. Mari kita mulai dari yang paling dasar:

1. CAHAYA

10402646_10203289510191952_2047114384236977016_n

 

Cahaya mungkin adalah salah satu bentuk energi yang paling menarik. Dia berlaku berlawanan dengan hampir segala sesuatu. Contohnya adalah cahaya, mampu berjalan dengan kecepatan cahaya. Ketika sesuatu yang lain yang mempunyai massa berjalan dengan kecepatan cahaya, menurut pemahaman kita tentang fisika yang ada sekarang, itu akan menyebabkan semesta kita berantakan
Sebagai tambahan, jumlah energi yang ada didalam cahaya ga punya kontribusi apa-apa dengan kecepatannya. Cahaya mempunyai banyak kualitas yang menarik. Seperti superposisi kuantum antara partikel dan gelombang, efek seperti pergeseran merah (Red Shift) dan kenyataan bahwa kecepatan cahaya pada hakikatnya mempunyai hubungan dengan energi (e = mc^2) dan masih banyak lagi.

2. PANAS

Panas adalah sesuatu yang paling relevan ketika kita membicarakan tentang atom. Biasanya dijelaskan sebagai tingkat dari kehebohan sebuah elektron, yang bisa diobservasi pada orbitnya, walaupun penjelasan tersebut terlalu biasa dibandingkan dengan signifikansi panas didalam realitas. Didalam fisika, panas biasanya bukan diungkapkan seperti panas dalam pemahaman awam, biasanya panas diungkapkan dengan istilah “entropi”. Ada banyak penjelasan tentang entropi. Mungkin analoginya seperti ini: “Entropi adalah alasan kenapa memarkir mobil sport didalam hutan hujan selama 500 tahun adalah ide yang buruk.”
Entropi bisa didefinisikan sebagai kondisi ketika sebuah informasi hilang, kerusakan sebuah sistem, penyama-rataan energi, dan alasan utama kenapa mesin “Perpetual Motion” itu mustahil untuk diciptakan.

Tapi bukan berarti entropi itu buruk. Kalo bukan karena entropi, alam semesta akan sama seperti ketika awal semesta diciptakan. Memang benar entropi menyebabkan suatu sistem menjadi rusak. Tapi kerusakan sistem itu bisa membuat ada sistem yang baru untuk muncul.

3. MASSA

Cara yang paling mudah untuk menjelaskan energi didalam massa ada pada persamaan yang paling terkenal yang pernah dikeluarkan oleh Einstein:

E = mc^2

Sepertinya itu sudah cukup jelas untuk menjelaskan relevansi massa dengan energi

4. ENERGI KINETIK

Mungkin adalah jenis energi yang paling familiar untuk kita. Energi kinetik adalah alasan kenapa palu bisa menjadikan paku menempel kepada kayu, alasan kenapa mesin uap mampu untuk menghidupkan kereta, dan kenapa bom bisa menghancurkan kota. Dijelaskan cukup gamblang oleh Newton didalam hukum gerakannya, intinya adalah sesuatu mempunyai tendensi untuk selalu sama sampai sesuatu itu didorong oleh sesuatu yang lainnya.
Jadi apabila sesuatu tidak bergerak, maka sesuatu itu akan tetap diam sampai ada benda lain yang mendorong benda itu, sehingga benda tersebut bergerak ke arah yang sama sampai benda tersebut menabrak sesuatu yang lain yang bisa menghentikannya, atau mendorong benda itu ke arah yang lain.

5. ENERGI POTENSIAL

Sebetulnya penjelasannya agak ribet, tapi simpelnya, energi potensial adalah energi kinetik yang belom terjadi

6. GRAVITASI

10363963_10203289510551961_2492671398729065804_n

Salah satu properti dari sebuah massa adalah gravitasi. Semua yang mempunyai massa pasti mempunyai gravitasi, dan semua yang mempunyai gravitasi pasti mempunyai massa. Ini adalah cara yang paling signifikan untuk massa bisa mempengaruhi sistem yang lain. Gravitasi tersebar ke segala arah didalam kecepatan cahaya, dan gravitasi akan mempengaruhi segala sesuatu yang lain yang mempunyai massa dalam radius tak terhingga.
Yang paling menarik tentang gravitasi adalah, gravitasi akan semakin lemah, berbanding lurus dengan jaraknya, tapi nilainya tidak akan menjadi nol. Apabila diberi waktu yang cukup, maka gravitasi suatu benda mampu mempengaruhi segala sesuatu, apapun itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s