Perbandingan Molekul Unsur dan Molekul Senyawa


Molekul Unsur

Nah peserta didik sekalian, bagaimana apakah kalian bisa mengerjakan kuis dengan mudah? Bagus! Berarti kalian sudah memahami beberapa contoh molekul unsur dan molekul senyawa.

Sebelum kita mulai mempelajari lebih jauh tentang apa itu molekul unsur dan apa itu molekul senyawa?, coba kalian jawab pertanyaan ini: Tahukan kalian apa itu unsur, apa itu molekul, dan apa itu atom ?

  • Unsur
    adalah zat tunggal yang tidak dapat diurai menjadi zat-zat lain melalui reaksi kimia biasa.
  • Molekul
    adalah partikel yang terbentuk dari gabungan dua atom atau lebih, baik yang sejenis maupun berbeda.
  • Atom
    adalah bagian terkecil suatu zat yang tidak dapt dibagi-bagi lagi dengan cara reaksi kimia biasa.

Nah peserta didik sekalian, sekarang kamu telah mengetahui pengertian atom, unsur, dan molekul. Sekarang kita akan membedakan pengertian molekul unsur dengan molekul senyawa.

Sebelum kalian mempelajari tentang apa itu molekul unsur alangkah baiknya diingat kembali pengertian tentang molekul, molekul adalah partikel yang terbentuk dari gabungan dua atom atau lebih, sedangkan unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat-zat lain melalui reaksi kimia biasa. Sedangkan yang dimaksud dengan molekul unsur adalah molekul yang terbentuk dari atom-atom sejenis,

Apakah kalian dapat menyebutkan beberapa contoh molekul unsur?

Contoh molekul unsur antara lain adalah: H2, F2, O2, N2, Cl2, Br2, I2, At2, O3, P4, S8

Berdasarkan jumlah atom pembentuknya, molekul unsur dapat dibedakan sebagai berikut:


  1. Molekul Diatomik

Molekul Diatomik ini terbentuk dari dua atom yang sejenis. Apakah kalian dapat menyebutkan contoh molekul diatomik? Ya benar.

Contoh molekul diatomik adalah molekul oksigen, molekul hidrogen dan molekul nitrogen.


  1. Molekul Tetraatomik

Molekul tetraatomik ini terbentuk dari empat atom yang sejenis. Apakah kalian dapat menyebutkan contoh molekul tetraatomik ? Ya benar. Contoh molekul tetraatomik adalah molekul fosfor.


  1. Molekul Oktaatomik

Molekul oktaatomik ini terbentuk dari delapan atom yang sejenis. Apakah kalian dapat menyebutkan contoh molekul oktaatomik? Ya benar. Contoh molekul tetraatomik adalah molekul sulfur (belerang).


Pengertian serta Contoh Molekul Unsur dan Molekul Senyawa (Perbedaan Molekul Unsur dan Molekul Senyawa)Pengertian serta Contoh Molekul Unsur dan Molekul Senyawa (Perbedaan Molekul Unsur dan Molekul Senyawa)

Berikut ini merupakan pembahasan ringkas tentang pengertian molekul, contoh molekul, pengertian molekul unsur, pengertian molekul senyawa, contoh molekul unsur, contoh molekul senyawa, perbedaan molekul unsur dan molekul senyawa, rumus molekul, gaya antar molekul, dan molekul air.

Umumnya, partikel unsur logam berbentuk atom. Logam besi terdiri atas atom-atom besi. Logam tembaga terdiri atas atom-atom tembaga. Begitu juga dengan emas.Lalu, berbentuk apakah partikel-partikel senyawa? Partikelpartikel senyawa terdiri atas molekul-molekul senyawa itu.

Molekul senyawa adalah partikel terkecil dari suatu senyawa yang masih memiliki sifat yang sama dengan senyawa itu.

Molekul senyawa dapat dibentuk dari penggabungan atom unsur-unsur yang sama (molekul unsur) ataupun atom unsur-unsur yang berbeda (molekul senyawa).

Pengertian dan Contoh Molekul Unsur

Molekul unsur adalah merupakan molekul yang terbentuk dari hasil penggabungan atom-atom unsur yang sama atau sejenis.

Sebagai contoh, gas O2 (oksigen) yang ada di udara adalah unsur yang partikelnya berupa molekul. Molekul oksigen dibentuk oleh dua atom oksigen (lihat Gambar di bawah ini).

Pengertian serta Contoh Molekul Unsur dan Molekul Senyawa (Perbedaan Molekul Unsur dan Molekul Senyawa)
Gambar: Contoh Molekul Unsur Oksigen (O2)

Molekul yang terbentuk dari dua atom disebut molekul dwiatom, misalnya Nitrogen (N2). Sedangkan, atom yang terbentuk dari tiga atom atau lebih disebut molekul poliatomik.

Sebagai contoh, molekul yang dibentuk oleh tiga atom disebut molekul triatom, misalnya Ozon (O3). Molekul yang terdiri atas empat atom disebut molekul tetraatom, misalnya posfor (P4).

Pengertian serta Contoh Molekul Unsur dan Molekul Senyawa (Perbedaan Molekul Unsur dan Molekul Senyawa)
Gambar: Contoh Susunan Atom Molekul Poliatomik

Pengertian dan Contoh Molekul Senyawa

Molekul senyawa adalah molekul yang terbentuk dari hasil penggabungan atom unsur-unsur yang berbeda. Contoh molekul senyawa yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah air (H2O).

Pengertian serta Contoh Molekul Unsur dan Molekul Senyawa (Perbedaan Molekul Unsur dan Molekul Senyawa)
Gambar: Contoh Molekul Senyawa Air (H2O)

H2O merupakan hasil penggabungan dua atom H dan satu atom O. Di sini kita bisa lihat bahwa atom H berbeda dengan atom O.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in: